Hypnoteaching Motivasi Warga Belajar PKBM Tangsel

Hypnoteaching

TAPOS, SETU – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Tangerang Selatan semakin meningkat. Bahkan kini di setiap kecamatan sudah memiliki PKBM. Namun peningkatan kuantitas PKBM harus dibarengi juga dengan peningkatan kualitas.

Melihat hal tersebut, Dinas Pendidikan Tangsel melalui bidang Pendidikan Non Formal Informal (PNFI) menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi Hypnoteaching Bagi Tenaga Pendidik” di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Setu, Kamis (4/7).

Sebanyak 30 tutor dari seluruh PKBM yang ada di Tangsel mengikuti kegiatan ini. Mereka diberikan pemahaman mengenai pembelajaran oleh nara sumber dari LP3I.

“Tujuan dari kegiatan ini agar tutor atau yang biasa disebut guru, dapat mengetahui bagaimana cara mengajar yang efektif. Supaya mereka mengetahui dan membangun motivasi diri pada warga belajar,” tutur Hayati Nur, Kabid PNFI Dinas Pendidikan Tangsel.

forum pkbm tangsel-pnfi

Apalagi banyak warga belajar yang sekolah non formal usianya bukan usia belajar. Bahkan usia 40 pun masih ikut belajar. Hal ini tentu menjadi PR tutor bagaimana caranya agar bisa memotivasi dan menarik siswa biar mau belajar.

“Nantinya siswa dihipnotis oleh tutor agar semangat belajarnya menjadi tinggi. Sebelum melakukan itu, di sini tutor diberikan pelatihan terdahulu,” paparnya.

Menurut Hayati, pendidikan non formal sebagai penambah, pengganti, dan pelengkap dari pedidikan formal. Oleh karena itu warga belajar diharapkan dapat mengikuti sekolah ke jenjang berikutnya yang bermutu.

“Ini adalah sosialisasi perdana yang kami lakukan untuk tutor mengenai Hypnoteaching. Jadi tutor perlu ada trik-trik agar warga belajar dapat meningkat semangat belajarnya,” pungkas Hayati.

Bahkan dia mengharapkan mutu dari lulusan PKBM bisa lebih baik lagi. Karena selama ini pendidikan non formal dianggap sebelah mata. Padahal setiap tahun secara kuantitas pendidikan non formal bertambah.

Namun untuk menambah kualitasnya dibuatlah sosialisasi ini. Selain itu, PTK PAUDNI sudah mengikuti jambore nasioal yang dilaksanakan 3-10 Juni 2015 yang mewakili PKBM, PAUD, dan yang lainnya.(pie/sam)

sumber: tangsel pos

Leave a Reply