TBM

Taman bacaan masyarakat atau TBM

tbm tangsel

Adalah salah satu wadah yang bergerak dibidang pendidikan yang mempunyai tujuan untuk  memasyarakatkan  “Gemar Membaca”  yaitu meningkatkan kembali minat baca masyarakat tanpa membedakan status sosial, ekonomi, budaya, agama, adat istiadat, tingkat pendidikan dan lain sebagainya.

Bagi masyarakat Indonesia, khususnya ekonomi menengah ke bawah, membeli buku adalah sesuatu yang berat. Tentunya selain buku pelajaran untuk sekolah anak-anaknya. Mungkin bagi sebagian dari mereka, membeli beras dan kebutuhan lainnya lebih penting.

Salah satu program dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insan Kamil. Tujuan diadakannya TBM di PKBM “Bina Insan Kamil”  di Tangerang Selatan adalah untuk mempermudah mencari sumber ilmu pengetahuan.

TBM menjadi pusat sumber informasi tentang segala bidang ilmu pengetahuan baik ilmu umum, agama, teknologi dan lain – lain.

Selain dari itu dengan adanya Taman Bacaan Masyarakat memberikan kemudahan bagi warga belajar yang ada di PKBM terutama warga belajar paket A,B dan C karena warga belajar tersebut sangat membutuhkan ilmu pengetahuan tambahan.
Tujuan Umum Taman Bacaan Bina Insan Kamil

  1. Memberikan kesempatan bagi umum untuk membaca bahan pustaka yang dapat membantu meningkatkan mereka ke arah kehidupan yang lebih baik.
  2. Menyediakan sumber informasi yang cepat, tepat dan murah bagi masyarakat, terutama mengenai topik yang berguna bagi mereka yang sedang hangat dalam kalangan masyarakat.
  3. Membantu warga untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sehingga yang bersangkutan akan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, sejauh kemampuan tersebut dapat dikembangkan dengan bantuan bahan pustaka.
  4. Bertindak selaku agen cultural , artinya perpustakaan umum pusat utama kehidupan budaya bagi masyarakat sekitarnya.

Leave a Reply